Nilai Tukar Rupiah Babak Belur, 8 Sektor Usaha Ini Terkena Imbas

Saat nilai tukar rupiah melemah terhadap dollar AS, kamu yang berprofesi sebagai karyawan mungkin tenang-tenang saja. Berbeda halnya dengan pimpinan perusahaan: mereka akan sulit tidur karena pelemahan rupiah akan berdampak kepada keuangan perusahaan.

Jika dibiarkan terus melemah, bisa-bisa perusahaan akan gulung tikar. Pertanyaannya, sektor usaha apa yang paling terkena dampak dari pelemahan rupiah? Saat ini prosesnya masih berlangsung sehingga dampaknya belum begitu jelas diketahui. Cuma kita bisa melihat dampak pelemahan dari pelemahan rupiah yang terjadi dua puluh tahun silam.

Dari riset yang dilakukan peneliti Bank Indonesia pada 1998, secara umum disebutkan, perusahaan yang memiliki sumber daya di dalam negeri yang kuat, berorientasi ekspor, memiliki sumber pembiayaan non-rupiah yang rendah, mereka mampu bertahan jika nilai tukar rupiah terhadap dollar AS sedang tertekan. Bahkan perusahaan itu tetap bisa tumbuh positif.


Berikut ini hasil riset yang dipublikasikan oleh Bank Indonesia pada Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan tahun 1998. Riset yang dilakukan oleh Noor Yudanto dan M. Setyawan Santoso terasa masih relevan hingga saat ini:

 

1. Industri pengolahan

Image result for industri pengolahan

Sektor ini memiliki kandungan impor yang tinggi sehingga sangat terpengaruh dengan pelemahan rupiah terhadap dollar AS. Kegiatan produksi sektor ini menjadi sangat mahal dengan kondisi rupiah yang sedang melemah. Saat bank menaikkan suku bunga kredit, sektor ini juga akan mengalami tekanan baru.

 

2. Sektor bangunan/properti

Image result for industri properti 2018

Pelamahan nilai tukar rupiah diperkirakan cukup memukul sektor properti ini, bersama sektor industri pengolahan. Maklum di sektor bangunan ini banyak menggunakan bahan baku impor, terutama perlengkapan pembangunan properti, dan pinjaman non-rupiah. Tekanan dari sisi suku bunga juga cukup besar. Sebab konsumen mengerem membeli bangunan jika suku bunga bank naik.

 

3. Sektor perdagangan

Image result for industri perdagangan barang mewah

Pelemahan rupiah cukup berpengaruh terutama pada sektor perdagangan konsumer goods, barang-barang mewah, peralatan elektronik, dan barang kebutuhan lain yang puna kandungan impor tinggi. Dari sisi kenaikan suku bunga, sektor ini juga cukup rentan karena memiliki kredit perbankan untuk kegiatan usaha maupun kredit konsumsi oleh konsumen.

 

4. Sektor pengangkutan/transportasi

Image result for industri transportasi

Sektor ini terpengaruh cukup besar jika rupiah terus melemah. Sebab sektor ini umumnya memiliki pembiayaan luar negeri untuk pengadaan spare part dan pembelian alat transportasi. Akibatnya mau tidak mau tarif transportasi darat, laut, dan udara, akan naik. Selain itu perusahaan otomotif akan terkena imbas. Kenaikan suku bunga juga akan menggencet sektor ini karena pembelian sarana transportasi umumnya dengan dana dari pinjaman.

 

5. Sektor keuangan

Related image

Sektor keuangan memiliki korelasi yang cukup tinggi dengan pelemahan nilai tukar rupiah. Sebab bank banyak mengambil pinjaman non rupiah dari lembaga keuangan di luar negeri. Namun tekanan terbesar berasal dari kenaikan suku bunga. Nasabah kredit perbankan akan kesulitan membayar cicilan sehingga keuangan bank ikut carut marut akibat kredit bermasalah meningkat.

6. Sektor pertanian dan perkebunan

Image result for sektor pertanian dan perkebunan di indonesia

Sektor ini punya keterkaitan yang rendah dengan naik turunnya kurs rupiah. Sebab sektor pertanian relatif kecil memakai bahan baku impor, kecuali pupuk dan pakan ternak.
Sedangkan produk perkebunan seperti kelapa sawit, coklat, cengkeh, dan coklat bisa menerima keuntungan karena akan menerima rupiah yang lebih banyak dari sebelumnya. Maklum menjual hasil produksinya ke luar negeri.

 

7. Sektor pertambangan dan migas

Image result for sektor pertambangan

Memiliki dampak yang positif jika rupiah melemah. Sebab industri pertambahan termasuk minyak dan gas memiliki pasar ekspor. Dengan pelemahan rupiah, sektor akan menerima rupiah lebih banyak dari sebelumnya sehingga akan menerima keuntungan.

 

8. Sektor listrik

Image result for kelistrikan PLN

Studi ini masih melihat dampak pelemahan rupiah kepada produksi listrik relatif kecil. Berbeda jika terjadi kenaikan suku bunga: PLN akan terganggu karena pinjaman PLN masih sangat dominan.
Sekarang faktor rupiah sangat besar di sektor listrik. Sebab naik turunnya tarif listrik ditentukan nilai tukar rupiah, selain inflasi dan harga BBM. Bagi perusahaan dan masyarakat, dampak pelemahan rupiah bisa menyebabkan tarif listrik akan melambung.




Begitulah gambaran dampak pelemahan nilai tukar rupiah. Mudah-mudahan kurs rupiah segera menguat dan terus stabil sehingga tidak mengganggu kondisi keuangan kita.

Comments