Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis E-Commerce

Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.
Belakangan di tanah air marak dengan banyaknya bisnis e-commerce yang bermunculan. Mulai dari yang jual-beli hingga yang menawarkan jasa seperti para digital agency Indonesia. Banyak yang harus rela menutup bisnisnya karena kalah bersaing, tidak sedikit pula yang memberanikan diri untuk memulai agar bisa bersaing. Meskipun memang memiliki banyak kompetitor, namun ini malah menjadikan e-commerce tidak akan pernah mati dan memang diprekdisikan akan terus berkembang.
Untuk memulai e-commerce sendiri sekarang ini memang tidak sesulit waktu dulu, akan tetapi untuk dapat bertahan adalah hal yang perlu diperjuangkan. Dengan adanya investor dan penyedia modal yang lain, mendirikan e-commerce milik Anda sendiri bukanlah lagi hanya sebuah angan-angan, tetapi memang diperlukan inovasi yang ditambah dengan strategi marketing jitu yang dapat membuat bisnis Anda dapat bertahan di tengah persaingan yang dapat dikatakan ‘brutal’ dan tidak kenal ampun ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk memulai bisnis e-commerce Anda sendiri.

  • Menguji produk/jasa yang Anda jual
Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis E-Commerce Anda

Hal yang pertama-tama dilakukan adalah menguji produk/jasa yang akan Anda jual ke pasar. Bertanyalah kepada orang-orang terdekat, kerabat, atau tetangga Anda apakah mereka mau membayar demi barang/jasa yang akan Anda tawarkan ini nantinya. Jika Anda menjual barang, menggunakan sampel produk Anda adalah cara yang baik.
  • Jangan beranggapan konsumen hanya tahu situs Anda
Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis E-Commerce Anda

Satu hal yang harus diingat adalah, jika mungkin diluar sana sudah ada puluhan, bahkan ratusan situs yang menawarkan barang/jasa yang Anda tawarkan saat ini. Jangan lengah dan menganggap semua orang hanya tahu situs Anda, itu berbahaya sekali. Rencanakanlah strategi pemasaran yang baik dan tepat sasaran, jangan lupa tunjukkan poin keunggulan Anda yang berbeda dari yang lain.
  •  Mencari modal dengan takaran tepat
Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis E-Commerce Anda

Bisnis e-commerce, khususnya untuk pemula, pasti tidak jauh-jauh dari yang namanya start-up. Oleh sebab itu masih membutuhkan yang namanya investor. Jika memang ingin membangun bisnis Anda sendiri, carilah modal secukupnya dan dari sesedikit-sedikitnya investor. Jangan sampai Anda mendapat bagian (saham) kecil di bisnis Anda sendiri, kecuali jika memang tidak apa.
  • Bergerak perlahan tapi pasti
Beberapa Tips Untuk Memulai Bisnis E-Commerce Anda

Biasanya anak muda memiliki semangat yang membara dalam membangun e-commerce. Boleh saja, asalkan jangan sampai semangat yang membara itu akan berbalik membakar diri sendiri. Tahanlah keinginan untuk menambah produk/jasa yang Anda jual. Ketika terlalu menggebu-gebu dalam menambahkan ini dan itu, maka besar kemungkinan Anda tidak akan fokus.



  1. Semoga tips-tips diatas dapat berguna bagi Anda, selamat mencoba membangun bisnis Anda sendiri

Comments