Blog pribadi maupun blog perusahaan selalu membutuhkan artikel untuk diunggah secara teratur. Artikel yang diunggah pun tidak bisa sembarang artikel. Artikel harus berkualitas secara kaidah penulisan dan harus dapat memberikan performa baik di hasil mesin pencarian Google. Sehingga penulis blog pribadi maupun blog perusahaan harus menguasai cara menulis artikel yang ramah SEO atau SEO friendly.
Mengapa
harus repot-repot menguasai cara menulis artikel yang SEO Friendly?
Apakah cara menulis artikel biasa saja tidak cukup? Jawabannya adalah
agar artikel Anda semakin mudah untuk berada di halaman pertama hasil
pencarian Google.
Gunakan Keyword yang Kemungkinan Besar akan Dicari oleh Audiens Anda
Langkah yang perlu dilakukan sebelum menulis artikel-artikel di blog Anda adalah mencari keyword atau kata kunci yang mungkin dicari oleh audiens Anda. Oleh karena itu Anda harus paham siapa audiens Anda, siapa yang membaca blog Anda. Dengan begitu Anda bisa mengetahui target keyword yang biasa mereka ketik di mesin pencarian Google.Kita ambil contoh di dua jenis industri yang berbeda, yaitu kosmetik dan otomotif. Konsumen industri komestik akan lebih banyak mencari kata kunci seperti kecantikan, merawat kulit, atau kesehatan kulit. Sedangkan konsumen bidang otomotif kemungkinan besar lebih banyak mencari kata kunci seperti tips merawat mobil, modifikasi otomotif, atau tren otomotif.
Sesuaikan kata kunci yang Anda gunakan di artikel blog Anda dengan kata kunci yang kemungkinan besar digunakan oleh audiens Anda. Jika Anda salah menggunakan kata kunci, Anda hanya akan membuang-buang waktu
- Pastikan volume pencarian kata kunci tersebut cukup banyak. Anda dapat menggunakan bantuan situs untuk mengetahui volume pencarian kata kunci seperti ubbersuggest
- Anda harus mengetahui apa yang diinginkan oleh pencari terkait kata kunci yang dituliskan di mesin pencarian Google
- Perlu juga dipastikan kalau Anda memiliki sumber dan data yang cukup untuk membuat artikel untuk menyaingi artikel-artikel yang muncul di halaman pertama hasil pencarian kata kunci tersebut
Pastikan Artikel Anda Menjawab Pertanyaan Para Pencari

Jika artikel yang Anda tulis bisa memenuhi ekspektasi para pencari, Google akan memberikan tambahan poin untuk artikel Anda.
Gunakan Focus Keyword Sewajarnya
Meskipun Anda menggunakan focus keyword untuk mendapatkan ranking tinggi di hasil pencarian Google, bukan berarti Anda dapat menggunakannya berulang-ulang atau bahkan berlebihan. Penggunaan focus keyword berlebihan akan menurunkan kualitas artikel Anda.Jadi apa yang bisa dilakukan agar artikel yang Anda tulis tetap enak dibaca oleh para pencari dan tetap bisa berada di peringkat atas hasil pencarian Google?
Tulislah artikel yang sesuai dengan logika pembaca dan tentu bermanfaat bagi mereka. Ketika Anda sudah selesai menulis artikel tersebut, baca ulang dari awal sampai akhir dengan perspektif mesin pencari. Anda harus mengutamakan perspektif pembaca karena pada akhirnya yang membaca artikel Anda adalah manusia, bukan mesin.
Artikel Harus Layak Baca

Idealnya memang diperlukan editor untuk memeriksa artikel yang Anda tulis. Namun, jika Anda tidak memilki editor profesional untuk memeriksa artikel Anda, ada cara lain yang dapat dilakukan.
Caranya adalah ketika sudah selesai menulis satu artikel, ambillah waktu untuk istirahat barang beberapa jam. Setelah itu Anda dapat kembali ke artikel yang sudah ditulis sebelumnya dan melakukan self-editing atau menyunting mandiri dengan pikiran yang lebih segar.Anda juga dapat meminta bantuan teman atau kolega untuk membaca artikel yang Anda tulis sebelum mengunggahnya. Minta pendapat mereka apakah mereka dapat memahami yang Anda tulis atau tidak.
Pergunakan masukan dan kritik dari teman untuk memperbaiki artikel yang Anda tulis.
Manfaatkan Link Internal dan Eksternal
Dalam menulis artikel yang diterbitkan secara online terkadang diperlukan untuk menggunakan link, baik itu link internal ataupun link eksternal. Fungsi dari link di artikel adalah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut kepada pembaca terkait topik utama artikel.Perhatikan Elemen Penting Blog!
Komponen artikel di blog tidak hanya terdiri dari kalimat dan paragraf, tetapi juga melibatkan beberapa komponen teknis lain seperti URL, judul blog, dan headingJika ingin artikel Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, Anda juga harus memerhatikan komponen-komponen blog di atas.
Mari kita bahas dari komponen pertama, yaitu URL. Biasanya sistem secara otomatis menuliskan URL artikel seperti ini: https://www.domainanda.com/blog/cara-cepat-membuat-kerajinan-dari-botol-plastik-bekasKemudian buat judul artikel yang menarik dan singkat, tetapi dapat menggambarkan garis besar konten artikel Anda. Judul artikel harus mengandung focus keyword yang sudah ditentukan di awal, lebih baik lagi focus keyword berada di awal judul.
Terlalu panjang bukan? Lebih singkat URL Anda, lebih baik. Anda dapat mempersingkatnya menjadi seperti ini: https://www.domainanda.com/blog/membuat-kerajinan-botol-bekas
Setelah memastikan focus keyword ada di judul, Anda juga perlu memastikan focus keyword ada di salah satu heading artikel. Namun, sekali lagi masukkan secara wajar, jangan berlebihan.
Optimasi Gambar

http://compress.photos/
https://kraken.io/
https://tinypng.com/
Unggah Konten Secara Konsisten

Selain itu, dengan selalu mengunggah artikel, blog Anda juga akan terlihat aktif dan hal ini akan memberikan sinyal bagus kepada Google. Google memberikan nilai lebih kepada blog-blog yang lebih aktif dibandingkan blog yang jarang memperbarui kontennya.
Gunakan Sudut Pandang yang Unik
Dari satu kata kunci, terdapat berbagai sudut pandang yang dapat digunakan untuk mengembangkan focus keyword tersebut. Anda perlu menemukan sudut pandang baru yang belum digunakan oleh orang lain.
Keunikan
sudut pandang yang digunakan ini akan membuat artikel yang Anda tulis
lebih menonjol dibandingkan artikel-artikel lain dengan focus keyword
yang sama.
Buat Struktur Artikel
Sebelum memulai menulis sebuah artikel, buatlah struktur artikel terlebih dahulu.Secara umum, sebuah artikel dibagi menjadi tiga bagian, yaitu bagian pembuka (prolog), isi, dan kesimpulan (epilog). Dengan membuat struktur seperti ini akan memudahkan Anda untuk menulis artikel.
Pastikan Panjang Artikel Anda Optimal
Panjang artikel setidaknya berada di angka 300 kata. Jumlah 300 kata adalah angka minimal untuk sebuah artikel blog. Untuk angka maksimalnya, beberapa ahli menggunakan angka berbeda. Menurut Orbit Media Study, rata-rata jumlah kata artikel dalam sebuah blog adalah 1.142 kata.Panjang optimal sebuah artikel berbeda-beda tergantung tujuan yang ingin dicapai oleh penulis. Jika tujuan Anda adalah artikel Anda berada di halaman pertama hasil pencarian Google, menurut CoSchedule setidaknya artikel Anda terdiri dari 2.500 kata.
Perhatikan Bagian Pembuka
Setelah pembaca membaca judul Anda yang menarik, tidak serta merta pembaca akan membaca seluruh artikel. Pembaca perlu diyakinkan bahwa artikel yang Anda tulis benar-benar akan bermanfaat bagi dirinya.Mulailah dengan kalimat yang mana pembaca dapat merasa relatable dengan artikel yang mereka baca.
Manfaatkan Heading dan Subheading

Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan subheading agar turunan dari pokok bahasan di heading dapat diuraikan secara teratur.
Paragraf Singkat
Jika menggunakan standar panjang artikel seperti di atas, yaitu 2.500 kata, tentunya Anda harus menguraikannya ke dalam sejumlah paragraf.Perhatikan Relevansi Konten
Anda memang dapat menggunakan bermacam-macam keyword dalam penulisan artikel dalam blog. Namun, semuanya harus relevan dengan tujuan utama blog Anda.Misalnya, blog Anda adalah blog otomotif, kata kunci yang Anda gunakan harus relevan dengan dunia otomotif. Begitu juga dengan jenis-jenis blog lain. Semua konten yang ada dalam blog haru relevan dan saling berhubungan.
Konten-konten yang tidak relevan atau tidak saling berhubungan akan berpengaruh buruk terhadap ranking blog Anda. Mesin pencarian Google menggunakan berbagai metode untuk mengurutkan artikel di hasil pencarian. Salah satunya adalah dengan relevansi konten blog.
Promosikan Artikel Anda

Langkah selanjutnya adalah promosikan artikel yang sudah SEO Friendly ini di semua media sosial yang Anda miliki. Membagikan artikel di media sosial merupakan salah satu langkah termudah agar orang-orang bisa membaca artikel Anda.
Comments
Post a Comment